136. Sabar

(وعليك) بالصبر فإنه ملاك الأمور
 ولا بد لك منه ما دمت في هذه الدار وهو من الأخلاق الكريمة والفضائل العظيمة قال الله تعالى: (يا أيها الذين آمنوا استعينوا بالصبر والصلاة إن الله مع الصابرين) وقال تعالى: (وجعلناهم أئمة يهدون بأمرنا لما صبروا) وقال تعالى: (إنما يوفى الصابرون أجرهم بغير حساب) وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "الصبر أمير جنود المؤمن" وقال عليه الصلاة والسلام: "في الصبر على ما تكره خير كثير" وفي وصيته لابن عباس رضي الله عنهما "واعلم أن النصر مع الصبر وأن الفرج مع الكرب وأن مع العسر يسراً".

SABAR
Hendaklah engkau selalu sabar, karena sabar adalah sendi dasar yang harus kita miliki selama kamu hidup di dunia ini. Ia pun termasuk akhlak yang mulia dan keutamaan-keutamaan yang agung.

Maha benar Allah dalam firman-Nya:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ [٢:١٥٣]
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. al-Baqarah: 153)

Maha benar Allah dalam firman-Nya:
وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا ۖ
“Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar.” (QS. as-Sajdah: 24)

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ [٣٩:١٠]
“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS.az-Zumar: 10)

Sabda Rasulullah saw.:
اَلصَّبْرُ أَمِيْرُ جُنُوْدِ الْمُؤْمِنِ.
“Sabar tiu menjadi panglima tinggi, bala tentaranya orang yang beriman.” (al-Hadist)

Beliau bersabda:
فِي الصَّبْرِ عَلَى مَا تَكْرَهُ خَيْرٌ كَثِيْرٌ.
“Bersabarlah atas sesuatu yang engkau benci itu mengandung kebaikan yang berlimpah ruah.” (al-Hadist)

Nabi Saw. pernah bersabda kepada Ibnu Abbas ra.:
وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ وَأَنَّ الْفَرَحَ مَعَ الْكُرْبِ وَأَنَّ الْيُسْرَ مَعَ الْعُسْرِ.
“Dan ketahuilah, sesungguhnya pertolongan itu bersama kesabaran dan suka cita itu beserta duka cita, serta kemudahan itu beriring dengan kesulitan.” (al-Hadist)

(واعلم) أن السعادة موقوفة على حصول القرب من الله وحصوله موقوف على اتباع الحق واجتناب الباطل أبداً، والنفس مجبولة بأصل فطرتها على كراهية الحق والميل إلى الباطل، فلا يزال من همه تحصيل السعادة في حاجة إلى الصبر تارة بحمل النفس على اتباع الحق، وأخرى بحملها على اجتناب الباطل.

Ketahuilah, cita-cita dapat diraih dengan sukses bila ia sering mendekatkan diri kepada Allah. Realisasi pendekatan dapat dilaksanakan dengan mengikuti yang hak dan menjauhi kebatilan selama-lamanya.

Nafsu manusia ditinjau dari faktor asalnya senantiasa membenci yang hak dan cenderung menjalankan kebatilan. Orang yang keinginannya hanya untuk memperoleh kebahagiaan, selalu membutuhkan kepada sikap sabar. Terkadang ia memaksa dirinya untuk mengikuti kebenaran, dan terkadang memaksanya untuk menjauhi kebatilan.

والصبر على أربعة أقسام

Sabar itu sendiri terbagi atas empat begian:

 (أولها) الصبر على الطاعات، ويحصل باطناً بالإخلاص وحضور القلب فيها، وظاهراً بلزومها والدوام عليها والدخول فيها بنشاط والإتيان بها على الوجه المشروع.

ويبعث على هذا الصبر ذكر ما وعد الله على فعل الطاعات من الثواب عاجلاً وآجلاً، ومن لزم الصبر على هذا الوجه وصل إلى مقام القرب وهناك يجد في الطاعات من الحلاوة واللذة والأنس ما لا يوصف، وينبغي لمن حصل له هذا الأمر أن لا يسكن إليه دون الله.

1. Sabar mengerjakan ketaatan.
Secara batin diperoleh dengan cara bersikap ikhlas, tulus hati dan khusyuk. Dan secara lahir diwujudkan dengan kerutinan, kerajinan dan selalu berpijak pada syariat agama. Motif yang mendorong timbulnya kesabaran ini ialah janji Allah Swt. akan adanya pahala di dunia dan akhirat. Barangsiapa selalu melaksanakan kesabaran, maka sampailah ia menuju derajat pendekatan kepada Allah, sehingga ia pun mampu merasakan kemanfaatan dan kelezatan dalam melaksanakan ketaatan dan ia pun tak akan tenang, kecuali selalu mendekatkan diri kepada Allah.

(وثانيها) الصبر عن المعاصي ويحصل ظاهراً باجتنابها والبعد عن مظانها، وباطناً بترك تحدث النفس بها وميله إليها؛ لأن أول الذنوب خطرة. وأما تذكر الذنوب السالفة فإن كان يحصل به خوف أو ندم فهو حسن وإلا فتركه أحسن، ويبعث على هذا الصبر تذكر ما توعد الله به على المعاصي من العقاب عاجلاً وآجلاً، ومن واظب على الصبر على هذا الوجه أكرمه الله بوجود الأنفة من المعاصي كلها حتى يصير دخول النار أهون عليه من ارتكاب أدناها.

2. Sabar akan kemaksiatan.
Nampak nyata ialah dengan menjauhi den meninggalkan perbuatan-perbuatan itu, sedangkan hasil lahiriah yang ia peroleh ialah kemampuan menghilangkan bisikan hati dan kecondongan padanya, karena awal suatu dosa ialah bisikan hati.

(وثالثها) الصبر على المكاره وهي نوعان:
"الأول" ما يحصل من الله بلا واسطة كالأمراض والآفات وذهاب الأموال وموت الأعزة من الأقارب والأصحاب، ويحصل باطناً بترك الجزع وهو التبرم والتضجر، وظاهراً بترك الشكوى إلى الخلق، ولا يناقضه وصف العلة للطبيب وفيضان العين عند المصيبة نعم يناقضه لطم الخدود وشق الجيوب والنياحة ونحو ذلك.

3. Mengingat dosa-dosa yang telah lalu.
Bila akan menimbulkan rasa takut dan sesal, maka lakukanlah. Tetapi, bila tidak, maka lebih baik tinggalkan. Hal-hal yang membangkitkan kesabaran ini ialah mengingat ancaman siksa Allah di dunia dan akhirat.
Barangsiapa dalam hal ini dapat terus menerus, maka Allah akan memuliakannya dengan memberikan rasa enggan padanya dalam melaksanakan kemaksiatan sehingga ia berpendapat lebih baik masuk ke dalam api daripada mengerjakan maksiat walaupun sedikit.

ويبعث على هذا الصبر العلم بأن الجزع مؤلم في نفسه وهو مع ذلك مفوت للثواب وموجب للعقاب، وأن الشكوى إلى من لا يستطيع أن ينفع نفسه ولا أن يكشف عنها ضراً من الحماقة وهذه صفة كل مخلوق، ومع ذلك فالشكوى دالة على عدم الاكتفاء بالله الذي بيده ملكوت كل شيء، وذكر ما في الصبر على المصائب والعاهات والفاقات من الثواب وأن الله تعالى أعلم بما يصلح له من نفسه. وقد قال الله تعالى: (ولنبلونكم بشيء من الخوف والجوع ونقص من الأموال والأنفس والثمرات) إلى قوله تعالى: (وأولئك هم المهتدون).

1. Sabar akan segala sesuatu yang tak diinginkan.
Ada 2 macam bentuk:
Pertama, sesuatu yang datangnya langsung dari Allah tanpa perantara, seperti penyakit, kemalangan, hilangnya harta benda, meninggalnya orang-orang yang mulia dari sanak keluarga dan sahabat.

Yang dapat dicapai dalam kesabaran ini secara batin ialah dengan tanpa adanya gerutu, kebosanan dan keluhan, sedangkan hasil secara lahir ialah tanpa adanya pengaduan pada sesama makhluk.

Masih dalam kesabaran bila seseorang menderita penyakit kemudia ia pergi ke dokter untuk memeriksa penyakitnya, atau berlinang air matanya ketika tertimpa musibah, misalnya merobek-robek baju dan memukul-mukul pipi.

Bentuk kesabaran seperti ini dapat memberi pengertian bahwa kegelisahan hati yang menyesakkan jiwa itu dapat menghapus pahala dan menimbulkan datangnya siksa.

Sesungguhnya orang yang mengadu kepada sesama makhluk yang tak dapat memberi manfaat serta jalan keluar merupakan tindakan yang bodoh.

Sifat inilah yang dimiliki oleh setiap makhluk, karena mengeluh merupakan tanda bahwa seseorang belum merasa cukup atas pemberian Allah Swt. yang kemuliaan dan kerajaan-Nya melebihi segala-galanya. Allah telah menyebutkan adanya pahala yang besar bagi mereka yang mau bersabar menghadapi bencana dan cobaan itu.

Ingatlah, Allah lebih mengetahui dengan yang lebih manfaat bagi hamba-Nya. Karena itu, bersabarlah!
Maha benar Allah dalam firman-Nya:
وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ [٢:١٥٥]الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ [٢:١٥٦]
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).” (QS. al-Baqarah: 155-156)

ومن لزم الصبر على هذا الوجه ذوقه الله حلاوة التسليم وروَّحه برَوح الرضا وسيأتي إن شاء الله تعالى ذكر الرضا فيما بعد.
"والنوع الثاني" من المكاره ما يكون من قِبَل الخلق من الأذى في النفس أو العِرض أو المال.


ويحصل كمال الصبر على ذلك بكف النفس عن بغض المؤذي إن كان مسلماً، وعن حبِّ الشر له، وكف اللسان عن الدعاء عليه وترك المؤاخذة له رأساً؛ إما حلماً واحتمالاً أو عفواً وصفحاً اكتفاء بنصرة الله في الأول ورغبة في ثوابه في الثاني.

Kedua, sabar akan sesuatu yang tak diinginkan datangnya dari sesama makhluk, seperti digangguan jiwa, kehormatan dan hartanya. Kesempurnaan dalam kesabaran ini ialah dengan menahan diri dari sikap murka pada si pengganggu jika ia seorang muslim.

Jangan sekali-kali kau balas dia dengan kejahatan dan jagalah lidahmu untuk tidak mendoakannya dengan doa-doa yang tidak baik atupun menyiksanya. Bersabrlah dan kendalikan dirimu dan maafkan tindakaknnya agar engkau mendapatkan pertolongan dan pahala dari Allah.

ويبعث على هذا الصبر العلمُ بما ورد في فضل كظم الغيظ واحتمال الأذى والعفو عن الناس، قال الله تعالى: (فمن عفا وأصلح فأجره على الله إن الله لا يحب الظالمين) وقال تعالى: (ولمن صبر وغفر إن لك لمن عزم الأمور).
Dengan kesabaran seperti ini, ia akan mengetahui keutamaan mengekang kemarahan dan kebengisan, mengetahui hikmah disakiti orang lain dan keistimewaan memberi maaf pada orang lain.

Firman Allah Swt.:
فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ
“Maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.”  (QS. asy-Syuura: 40)

Di ayat selanjutnya Allah Swt. menegaskan:
وَلَمَن صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَٰلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ [٤٢:٤٣]
“Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.”(QS. asy-Syuura: 43)

وقال عليه الصلاة والسلام: "من كظم غيظاً ولو شاء أن ينفذه لنفذه ملأ الله قلبه أمناً وإيماناً". وقال عليه السلام: "ينادي مناد يوم القيامة ليقم من أجره على الله فيقوم العافون عن الناس".

Sabda Rasulullah saw.:
مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَلَوْ شَاءَ أَنْ يَنْفُذَهُ لَنَفِذَ مَلَأَ اللَّهُ قَلْبَهُ أَمَنًا وَإِيْمَانًا.
“Barangsiapa mampu mengekang kemarahannya padahal ia dapat melaksanakannya, maka Allah akan memenuhi hatinya dengan kesejahteraan dan keimanan.” (al-Hadist)

Beliau juga menegaskan:
يُنَادِيْ مُنَادٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لِيَقُمْ مَنْ أَجْرَهُ عَلَى اللَّهِ فَيَقُوْمُ الْعَافُوْنَ عَنِ النَّاسِ.
“Pemanggil di hati kiamat berseru, “Silahkan berdiri siapa saja yang pahalanya atas (tanggungan) Allah.” Maka berdirilah orang-orang yang memaafkan (kesalahan) manusia.” (al-Hadist)

Siapa saja yang senantiasa sabar di bagian ini, Allah akan memuliakannya dengan akhlak mulia yang merupakan induk keistimewaan dan pemilik kesempurnaan.
ومن لزم الصبر على هذا الوجه أكرمه الله بحسن الخلق وهو رأس الفضائل وملاك الكمالات.
وقال صلى الله عليه وسلم: "لاشيء أثقل في الميزان من حسن الخلق وإن العبد لَيبلغ بحسن خلقه درجة صاحب الصلاة والصيام".

Sabda Rasulullah saw.:
مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَلَوْ شَاءَ أَنْ يَنْفُذَهُ لَنَفِذَ مَلَأَ اللَّهُ قَلْبَهُ أَمَنًا وَإِيْمَانًا.
“Barangsiapa mampu mengekang kemarahannya padahal ia dapat melaksanakannya, maka Allah akan memenuhi hatinya dengan kesejahteraan dan keimanan.” (al-Hadist)

Beliau juga menegaskan:
يُنَادِيْ مُنَادٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لِيَقُمْ مَنْ أَجْرَهُ عَلَى اللَّهِ فَيَقُوْمُ الْعَافُوْنَ عَنِ النَّاسِ.
“Pemanggil di hati kiamat berseru, “Silahkan berdiri siapa saja yang pahalanya atas (tanggungan) Allah.” Maka berdirilah orang-orang yang memaafkan (kesalahan) manusia.” (al-Hadist)

Siapa saja yang senantiasa sabar di bagian ini, Allah akan memuliakannya dengan akhlak mulia yang merupakan induk keistimewaan dan pemilik kesempurnaan.
Sabda Nabi Saw.:
لَا شَيْءَ أَثْقَلَ فِي الْمِيْزَانِ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ وَإِنَّ الْعَبْدَ لَيَبْلُغُ بِحُسْنِ خُلُقِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّلَاةِ وَالصِّيَامِ.
“Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat ditimbang di akhirat daripada berakhlak mulia. Dan sesungguhnya hamba Allah niscaya sampai dengan akhlaknya yang mulia ke derajat orang yang ahli shalat dan puasa.” (al-Hadist)

وقال عليه السلام: "أحبكم إلي وأقربكم مني مجلساً يوم القيامة أحسنكم خُلُقاً".
وقال ابن المبارك رحمه الله تعالى: حسن الخلق بسط الوجه وبذل المعروف وكف الأذى.
وقال الإمام الغزالي نفع الله به: حسن الخلق هيئة راسخة في النفس تصدر عنها الأخلاق الجميلة بسهولة.

Beliau juga bersabda:
أَحَبُّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبُكُمْ مِنِّيْ مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحْسَنُكُمْ خُلُقًا.
“Yang paling aku cintai dan paling dekat denganku tempat duduknya di hari kiamat adalah kamu yang paling mulia akhlaknya.” (al-Hadist)

Ibnu Mubarak ra. berkata, “Akhlak yang mulia dapat ditunjukkan dengan wajah yang berseri-seri, berusaha mengabdikan dirinya demi kebaikan dan tidak menyakiti semua makhluk.”

Imam al-Ghazali ra. berkata, “Akhlak yang mulia ialah kemantapan hati yang dapat menghasilkan aktivitas-aktivitas positif dengan mudah.”

(ورابعها الصبر عن الشهوات) وهي كل ما تميل النفس إليه من مباحات الدنيا، ويحصل كمال الصبر عنها بكف النفس باطناً عن التفكير فيها والميل إليها،

 وظاهراً بكفها عن طلبها والتعريج عليها، ويبعث على هذا الصبر العلم بما في طلب الشهوات وتناولها من الشغل عن الله وعن عبادته ومن التعرض للوقوع في الشبهات والمحرمات ومن هيجان الحرص على الدنيا وحب البقاء فيها والتمتع بشهواتها،

 قال أبو سليمان الداراني رحمه الله ترك شهوة واحدة أنفع للقلب من عبادة سنة ومن أدمن الصبر عن الشهوات أكرمه الله بإخراج حبها من قلبه حتى يصير يقول كما قال بعض العارفين أشتهي أن أشتهي لأترك ما أشتهي فلا أجد ما أشتهي وبالله التوفيق.

Sabar dari syahwat
Sedangkan kesabaran diri dari kesenangan dunia yang masih diperbolehkan oleh agama dapat dicapai dengan sempurna secara batin dengan menjauhkan diri kita untuk tidak berpikir dan cenderung kea rah sana, secara lahir ialah dengan tidak mencari dan mengejarnya.

Dari kesabaran ini muncul kesadaran bahwa mencari dan memanfaatkan kesenangan dunia dapat melalaikan seseorang dari mengingat Allah serta beribadah kepada-Nya. Lagipula hal ini dapat menjerumuskannya dalam kesyubhatan, keharaman, ketamkan pada dunia.

Sulaiman ad-Darani berkata, “Meninggalkan suatu syahwat lebih bermanfaat bagi hati daripada beribadah setahun.”

Barangsiapa bersabar untuk menjauhi hal-hal yang menimbulkan syahwat, Allah Swt. akan memuliakannya dengan mengeluarkan syahwat dari hatinya hingga ia mampu berkata seperti perkataan sebagian orang-orang makrifat, yaitu:

“Aku menginginkan supaya aku dapat meninggalkan segala sesuatu yang kuinginkan sehingga tak satu pun keinginan yang ada dalam diriku.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

125. Mendoakan Orang Bersin

Download Risalatul Muawanah