138. Zuhud dan Pembagiannya

(وعليك) بالزهد في الدنيا
 فإنه بشير السعادة ومظهر العناية وعنوان الولاية، وكما أن حب الدنيا رأس كل خطيئة كذلك يكون بغضها رأس كل طاعة وحسنة، ويكفيك مزهداً في الدنيا أن الله تعالى سماها في عدة مواضع من كتابه العزيز "متاع الغرور".

Hendaklah engkau selalu Zuhud, tidak tergiur akan keduniaan. Karena hal itu merupakan kebahagiaan sejati, penerang inayah dan sebagai tanda kewalian.

Sebagaimana cinta keduniaan merupakan sumber kesalahan, maka sebaliknya, benci kepadanya adalah sumber ketaatan dan kebaikan.

Allah Swt. pun telah menegaskan di dalam beberapa ayat Al-Qur`an bahwa dunia adalah suatu perhiasan yang menipu (mata`ul ghurur).

وقال الحسن رحمه الله تعالى: متاع الغرور كخضرة النبات ولعب البنات، وقال الشيخ أبو طالب المكي رحمه الله تعالى: متاع الغرور اسم للجيفة المنتنة وقد حصر الله تعالى الدنيا في اللهو واللعب اللذين لا يلتفت إليهما عاقل ولا يعرج عليهما إلا كل غبي جاهل، فقال تعالى: (وما الحياة الدنيا إلا لعب ولهو) إلى غير ذلك.

Hendaklah engkau selalu Zuhud, tidak tergiur akan keduniaan. Karena hal itu merupakan kebahagiaan sejati, penerang inayah dan sebagai tanda kewalian.

Sebagaimana cinta keduniaan merupakan sumber kesalahan, maka sebaliknya, benci kepadanya adalah sumber ketaatan dan kebaikan.

Allah Swt. pun telah menegaskan di dalam beberapa ayat Al-Qur`an bahwa dunia adalah suatu perhiasan yang menipu (mata`ul ghurur).

(واعلم) أن الزهد في الدنيا لأهله نعيم عاجل ولا يستطيعه إلا من شرح الله صدره بإشراق أنوار المعرفة واليقين، قال صلى الله عليه وسلم: "إن النور إذا دخل القلب انشرح له وانفسح" قيل فهل لذلك من علامة قال: "نعم: التجافي عن دار الغرور والإنابة إلى دار الخلود".

Hasan ra. berpendapat, “Mata`ul ghurur” diibaratkan seperti kebun yang hijau dan tempat permainan anak-anak.
Syekh Abu Thalib al-Makkiy ra. berkata, “Mata`ul ghurur” adalah nama jenis bangkai.
Allah Swt. menerangkan bahwa dunia ibarat senda gurau dan main-main. Bagi mereka yang mampu menggunakan akal sehatnya tentu mereka tak akan terbuai kepadanya kecuali orang-orang yang bodoh dan dungu yang akan terjerumus ke dalamnya.

Firman Allah Swt.:
وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ
“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka.” (QS. al-An`am: 32)

Kenikmatan di dunia dan akhirat akan segera diterima oleh mereka yang zuhud, tetapi hal initidak mungkin dicapai kecuali bagi mereka yang hatinya telah disinari dengan cahaya makrifat dan yakin oleh Allah Swt.

Sabda Nabi saw.:
إِنَّ النُّوْرَ إِذَا دَخَلَ الْقَلْبَ إِنْشَرَحَ وَانْفَسَحَ قِيْلَ فَهَلْ لِذَالِكَ مِنْ عَلَامَةٍ قَالَ نَعَمْ إِلْتَجَافَى عَنْ دِارِ الْغُرُوْرِ وَالْإِنَابَةِ إِلَى دَارِ الْخُلُوْدِ.
“Sesungguhnya nur apabila masuk ke dalam hati, hati menjadi terbuka dan luas. Nabi ditanya, `Apakah untuk yang demikian itu tanda-tandanya?` Jawab Nabi, `Ya, yaitu meninggalkan kepentingan tempat tipu daya dunia dan kembali kepada kepentingan tempat yang kekal, yakni akhirat.” (al-Hadist)

وقال صلى الله عليه وسلم: "الزهادة في الدنيا تريح القلب والبدن والرغبة في الدنيا تكثر الهم والحزن".
وقال عليه الصلاة والسلام: "ازهد في الدنيا يحبك الله وازهد فيما عند الناس يحبك الناس".

Beliau juga besabda:
أَلزَّهَادَةُ فِي الدُّنْيَا تُرِيْحُ الْقَلْبَ وَالْبَدَنَ وَالرُّغْبَةُ فِي الدُّنْيَا تُكْثِرُ الْهَمَّ وَالْحَزَنَ.
“Zuhud terhadap dunia, menenangkan hati dan tubuh. Sedangkan cinta kepada dunia dapat memperbanyak rasa sedih dan duka.” (al-Hadist)

Beliau juga memerinntah:
إِزْهَدْ فِي الدُّنْيَا يُحِبُّكَ اللَّهُ.
“Bersuhudlah terhadap dunia, maka Allah akan mencintaimu”
وازهد فيما عند الناس يحبك الناس
“berzuhudlah terhadap apa yang dimiliki manusai, maka manusia akan mencintai mu”

وأصل الزهد معرفة القلب بحقارة الدنيا وخستها، وأنها لو كانت تزن عن الله جناح بعوضة ما سقى كافراً منها شربة ماء، وأنها ملعونة ملعون ما فيها إلا ما كان لله منها، وأن من أخذ منها فوق ما يكفيه أخذ حتفه وهو لا يشعر.

Sedangkan sumber zuhudialah kesadaran hari akan kehinaan dan kerendahan dunia. Dan bahwa seandainya dunia di sisi Allah Swt. berharga walau hanya senilai sayap seekor nyamuk, pasti Allah tak akan memberi minum pada orang-orang kafir walaupun hanya setetes. Dan bahwa dunia itu terkutuk begitu pula segala sesuatu yang ada di dalamnya, kecuali sesuatu yang digunakan untuk beribadah kepada Allah.
Orang yang menggali kepentingan dunianya melebihi keperluannya, maka secara tidak sadar ia telah mendekatkan dirinya pada kebinasaan.

وثمرة هذه المعرفة المقصودة منها ترك الميل إلى الدنيا باطناً وترك التنعم بشهواتها ظاهراً.
وأدنى درجات الزهد أن لا يقع بسبب الدنيا في ركوب معصية ولا في ترك طاعة.

وأعلى درجاته أن لا يتخذ من الدنيا شيئاً حتى يعلم أن أخذه أحب إلى الله من تركه وبين هاتين الدرجتين درجات كثيرة.

Hasil secara batin yang diperoleh dari kesadaran hati ialah meniggalkan kecenderungan pada dunia, sedangkan secara lahir ialah kemampuan diri untuk tidak berhura-hura dan menuruti hawa nafsu.

Derajat zuhudyang paling rendah ialah tidak mengerjakan kemaksiatan dan tidak meninggalkan ketaatan. Sedangkan derajat yang paling tertinggi ialah tidak mau mengambil sesuatu pun yang ada di dunia ini kecuali ia telah yakin bahwa pengambilannya itu lebih baik di sisi Allah Swt. daripada meniggalkannya.

وللزاهد الصادق علامات منها: أن لا يفرح بالموجود، ولا يحزن على المفقود من الدنيا، ومنها أن لا يشغله طلب الدنيا والتمتع بها عما هو خير له عند ربه.

Tanda-tanda orang zuhudialah:
1. Tidak merasa gembira bila memperoleh sesuatu dan tidak merasa sedih bila kehilangannya.
2. Tidak pernah menyibukkan diri untuk mendapatkan dunia dan bersenang-senang di dalamnya dengan mengabaikan penndekatan dirinya pada Allah Swt.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

125. Mendoakan Orang Bersin

Download Risalatul Muawanah