139. Membuang Rasa Cinta Harta dan Kekayaan Dalam Hati

(وعليك) بإخراج حب الدينار والدرهم من قلبك
 حتى يصير عندك بمنزلة الحجر والمدر، وبإخراج حب المنزلة عند الناس من قلبك حتى يستوي عنك مدحهم وذمهم وإقبالهم وإدبارهم؛ فإن حب الجاه أضر على صاحبه من حب المال وكلاهما دالان على الرغبة في الدنيا، وأصل حب الجاه حب التعظيم، والعظمة من صفات الله فهو منازعة للربوبية، وأما حب المال فإنما أصله حب التمتع بالشهوات وذلك من صفات البهائم.

Hendaknya engkau buang rasa cinta harta dan kekayaan dunia dan kekayaan dari dalam hatimu sehingga dalam pemilaianmu ia sama dengan batu dan bata, serta singkirkan pula perasaan cinta akan jabatan di masyarakat dari dalam hatimu sehingga tak ada bedanya begimu antara pujian dan celaan mereka, kehadiran dan ketidakhadiran mereka.

Sesugguhnya cinta jabatan itu  jauh lebih berbahaya daripada cinta harta, dan keduanya merupakan tanda bahwa seseorang telah cinta pada dunia.

Penyebab utama cinta jabatan ialah gila hormat dan keagungan, padahal kedua hal itu hanya patut ditunjukan kepada Allah Swt. sedangkan cinta harta disebabkan oleh inginnya bersenang-senang disertai dengan melampiaskan hawa nafsu yang merupakan ciri dan sifat yang dimiliki oleh binatang.

 وقد قال عليه الصلاة والسلام عن الله تعالى: "العظمة إزاري والكبرياء ردائي فمن نازعني واحداً منهما قذفته في النار". وقد قال عليه الصلاة والسلام "ما ذئبان جائعان أرسلا في زريبة غنم بأفسد لها من حب الشرف والمال في دين الرجل المسلم".

Allah Swt. berifrman dalam  hadist qudsi:
أَلْعَظَمَةُ إِزَارِيْ وَالْكِبْرِيَاءُ رِدَائِيْ فَمَنْ نَازَعَنِيْ وَاحِدًا مِنْهُمَا قَذَفْتُهُ فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ.
“Keagungan menjadi kain penutup-Ku dan kesombongan menjadi selendang-Ku. Maka, barangsiapa mencabut dari-Ku setu dari keduanya Aku akan melemparkannya ke neraka jahanam.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah dari Abi Hurairah)

Sabda Rasululllah saw.:
مَاذِئْبَانِ جَائِعَانِ أُرْسِلَا فِي زَرِيْبَةِ غَنَمِ بِأَفْسَدَ لَهَا مِنْ حُبِّ الشَّرَفِ وَالْمَالِ فِي دِيْنِ الرَّجُلَ المُسْلِمِ.
“Dua serigala lapar yang dilepas di kandang kambing tidak lebih berbahaya daripada sifat cinta kemuliaan dan kekayaan terhadap agama seorang muslim.” (al-Hadist)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

125. Mendoakan Orang Bersin

Download Risalatul Muawanah