141. Hendaknya Bertawakal

(وعليك) بالتوكل على الله،
 فإن من توكل على الله كفاه وأغناه وتولاه (ومن يتوكل على الله فهو حسبه) والتوكل من ثمرات صدق التوحيد وثباته في القلب واستيلائه عليه. قال الله تعالى: (رب المشرق والمغرب لا إله إلا هو فاتخذه وكيلاً)

Hendaknya engkau selalu bertawakal kepada Allah Swt. karena barangsiapa tawakal dan pasrah kepada Allah Swt., maka ia pun akan dicukupi, ditolong dan selalu dikasihani-Nya.

Janji Allah: “Barang siapa  bertawakal kepada Allah, maka Allah pasti akan mencukupinya.” (Al-Qur`an)

Tawakal tumbuh dari buah tauhid yang mantap dan sudah mendarah daging dalam hati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Maha benar Allah dalam firman-Nya:
رَّبُّ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ فَاتَّخِذْهُ وَكِيلًا
“(Dialah) Tuhan masyrik dan maghrib, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, maka ambillah Dia sebagai pelindung.” (QS.al-Muzzammil: 9)

 فانظر كيف بدأ بإثبات الربوبية ثم بإثبات الانفراد بالإلهية ثم أمرنا بالتوكل عليه جل وعلا فلم يبق في تركه عذر للبرية، وقد أمر الله عباده بالتوكل عليه ورغبهم فيه بقوله: (وعلى الله فليتوكل المؤمنون) وبقوله تعالى: (فتوكل على الله إن الله يحب المتوكلين) وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "لو توكلتم على الله حق توكله لرزقكم كما يرزق الطير تغدو خِمَاصاً وتروحُ بطاناً".

Renungkan ayat di atas, mengapa Allah menetapkan sifat ketuhanan dan keesaan-Nya, lalu Ia memerintahkan kepada kita untuk bertawakal dan mencari perlindungan pada-Nya.

Oleh karena itu, taka ada lagi alasan bagi setiap makhluk untuk tidak selalu bertawakal, bahkan Allah pun selalu memerintahkan mereka untuk itu karena Ia sangat mencintai orang-orang yang bertawakal sesuai dengan dirman-Nya:
فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
“Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (QS. Ali Imran: 159)

Sabda Rasulullah saw.:
لَوْ تَوَكَّلْتُمْ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو حِمَاصًا وَتَرُوْحُ بِطَانًا.
“Andaikan kamu bertawakal kepada Allah dengan sungguh-sungguh, niscaya Dia memberi rezeki kepadamu laksana rezeki yang diberikan kepada burung, di waktu pagi kosong perutnya dan waktu sore perutnya penuh dengan makanan.” (al-Hadist)

(واعلم) أن أصل التوكل على الله معرفة القلب بأن الأمور كلها بيد الله ما ينفع منها وما يضر وما يسوء منها وما يسر وأن الخلق لو اجتمعوا كلهم على أن ينفعوه بشيء لم ينفعوه إلا بشيء قد كتبه الله له أو على أن يضروه بشيء لم يضروه إلا بشيء قد كتبه الله عليه.

Ketahuilah bahwa inti tawakal kepada Allah Swt. ialah sadarnya hati bahwa segala sesuatu berada di tangan-Nya, baik yang bermanfaat, bermudharat, yang menyusahkan serta yang membahagiakan. Sangat meyakini bahwa seandainya seluruh makhluk dikumpulkan untuk memberi kemanfaatan ataupun kemudharatan, maka mereka sedikit pun tak akan mampu  melaksanakannya kecuali dengan adanya ketetapan dan ketentuan dari Allah Swt.

ويشترط لصحة التوكل أن لا تعصي الله بسببه وأن تجتنب ما نهاك عنه وتفعل ما أمرك به معتمداً في جميع ذلك عليه ومستعيناً به ومفوضاً إليه.
ولا يقدح في توكلك دخولك في شيء من الأسباب الدنيوية إذا كنت معتمداً على الله دونه.

Syarat-syarat tawakal ialah: Tidak bermaksiat, menajuhi segala larangan Allah Swt. dan menjalankan setiap perintah-Nya dengan bersandar, memohon pertolongan dan selalu pasrah kepada-Nya, tidak menodai kesucian tawakal-Nya dengan urusan-urusan keduniaan dengan hanya berserah diri kepada-Nya.

نعم مَن صدق توكله ضعف دخوله في الأسباب الدنيوية، وأما التجرد عنها بالكلية فلا يحمد إلا في حق من دام إقباله على الله وطهر قلبه عن الالتفات إلى غير الله ولم يضيع بسببه من هم عيال عليه من خلق الله، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "كفى بالمرء إثماً أن يضيِّع من يعول".

Barangsiapa konsekuen dalam bertawakal, maka ia tak akan berlebihan mencari keduniaan dan mampu menjauhinya semaksimal mungkin serta memantapkan dirinya kepada Allah Swt. dengan kesucian hati tanpa menelantarkan tanggungan keluarga-Nya.

Rasulullah saw. bersabda:
كَفَى بِالمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُضَيَّعَ مَنْ يَعُوْلُ.
“Cukuplah suatu dosa bagi seseorang yang menelantarkan tanggungannya (keluarganya).” (al-Hadist)

(واعلم) أن الادخار والتداوي من الأمراض لا يقدحان في أصل توكل من يعلم أن المغني والنافع والضار هو الله وحده وقد ادخر رسول الله صلى الله عليه وسلم لعياله لبيان الجواز، وأما هو صلى الله عليه وسلم فما كان يدخر لنفسه شيئاً إلى غد وربما ادخر له غيره فنهاه عند الشعور به. ولما سئل عليه الصلاة والسلام عن السبعين الألف الذين يدخلون الجنة بغير حساب من أمته فقال: "هم الذين لا يسترْقون ولا يكتوون ولا يتطيرون وعلى ربهم يتوكلون".

Ketahuilah, bahwa menyimpan makanan dan obat-obatan tak akan merusak dan menodai nilai tawakal seseorang selama ia menyadari bahwa hanya Allah yang memberi kekayaan, kemanfaatan dan kemelaratan pada makhluk-Nya. Bahkan Rasulullah pun menyimpan makanan untuk keluarganya dan ini beliau lakukan hanya untuk memberi penegasan bahwa penyimpanan makanan untuk keluarga diperbolehkan oleh agama. Akan tetapi beliau tidak melakukan hal tiu untuk dirinya dan melarang para sahabatnya melakukan hal yang serupa.

Beliau pernah ditanya tentang tujuh puluh ribu orang umat beliauyang masuk sesama tanpa hisab, maka beliau menjawab,

هُمُ الَّذِيْ لَا يَسْتَرْقُوَ نَ لَا يَكْتَوُوْنَ   وَلَا يَتَطَيَّرُوْنَ وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ.
“Mereka adalah orang-orang yang tidak pernah meminta mantera, tidak pernah memuji diri mereka dengan berlebihan serta tak pernah mempercayai ramalan-ramalan, dan kepada Tuhan, mereka selalu bertawakal.” (al-Hadist)

وللمتوكل الصادق ثلاث علامات: "الأولى" أن لا يرجو غير الله ولا يخاف إلا الله، وعلامة ذلك أن لا يدع القول بالحق عند من يرجى ويخشى عادة من المخلوقين كالأمراء والسلاطين. "والثانية" أن لا يدخل قلبه همّ الرزق ثقة بضمان الله بحيث يكون سكون قلبه عند فقد ما يحتاج إليه كسكونه في حال وجوده وأشد. "والثالثة" أن لا يضطرب قلبه في مظان الخوف علماً منه أن ما أخطأه لم يكن ليصيبه وما أصابه لم يكن ليخطئه.

Tanda-tanda orang yang memiliki ketakwaan murni. Pertama, tidak berharap dan tidak takut kepada sesuatu selain Allah, berani menyampaikan kebenaran di hadapan orang yang diharapkan kebaikannya dan ditakuti kejahatannya, yaitu para penguasa dan raja.

Kedua, tidak terlalu mementingan masalah rezeki karena ia yakin bahwa kesemuanya adalah tanggungan Allah. Walaupun kebutuhannya tak terpenuhi, tetapi jiwanya tetap tenang seolah-olah segalanya telah terpenuhi. Ketiga, hatinya tak pernah merasa takut dan gentar Karena ia yakin bahwa segala sesuatu yang tidak ditakdirkan untuknya pasti tak akan mengenainya, begitu juga sebaliknya.

ومن هذا القبيل ما حكي أن سيدي الشيخ عبد القادر الجيلاني نفع الله به كان يتكلم في القدر فسقطت عليه حية عظيمة ففزع الحاضرون فَرقاً فالتفَّت على عنق الشيخ ودخلت من أحد كميه وخرجت من الآخر والشيخ نفع الله به ثابت لم يضطرب ولم يقطع كلامه.
وقيل لبعض الشيوخ وقد طُرح للسبع ليأكله فلم يؤذه: في أي شيء كنت تفكر حين طُرحت للسبع قال في حكم سؤر السباع من العلم. وحسبنا الله ونعم الوكيل.

Dikisahkan bahwa Syekh Abdul Qadir al-Jailany ra. Ketika sedang memberikan penjelasan mengenai takdir, tiba-tiba jatuh seekor ular yang sangat besar menuju arah beliau, kemudian melingkari leher beliau lalu masuk ke salah satu lengan baju beliau dan keluar melalui lengan yang lain. melihat kejadian seperti itu hadirin seketika meninggalkan tempat dengan ketakutan dan histeris yang memenuhi jiwa mereka, tetapi beliau tetap tegar melanjutkan penjelasannya.

Ada pula seorang ulama yang sengaja dilemparkan ke hadapan binatang buas, tetapi anehnya ia selamat, binatang itu pun tak berani menyakitinya.

Ketika ditanya, “Apa yang sedang kau pikirkan ketika engkau berada di depan binatang buas itu?” Ia menjawab, “Aku hanya khawatir kalau air liur binatang buas itu menempel padaku, tetapi aku tak pernah merasa takut padanya karena cukuplah bagiku Allah Swt. sebaik-baik pelindung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

125. Mendoakan Orang Bersin

Download Risalatul Muawanah