142. Cinta Kepada Allah

(وعليك) بالحب في الله
 حتى يصير سبحانه أحب إليك مما سواه بل حتى لا يصير لك محبوب إلا إياه.
وسبب وجود الحب من جهة المحبوب إما وجود كمال فيه أو حصول نوال منه.

Perwujudan cinta
Hendaknya engkau melebihkan cintamu kepada Allah Swt. dari yang lainnya, bahkan hanya Dialah yang patut engkau cintai.
Sebab timbulnya cinta ialah bila yang dicintai itu memiliki kesempurnaan dan dapat memberikan sesuatu pada yang mencintai.

فإن كنت ممن يحب لأجل الكمال فالكمال والجمال والجلال لله وحده لا شريك له في شيء من ذلك، وما يلوح على صفحات بعض الموجودات من معنى كمال أو يبدو عليها من رونق جمال فهو المكمل والمجمل لها سبحانه وتعالى بل هو الموجد لها والمخترع ولولا أنه أنعم عليها بالإيجاد لكانت مفقودة معدومة ولولا ما أفاض عليها من أنوار جمال صنعته لكانت قبيحة مشئومة.

Apabila engkau mencintai sesuatu karena kesempurnaan, kebaikan, keagungan, maka ketahuilah bahwa semuanya itu hanyalah milik Allah Swt. dan tiada sekutu bagi-Nya. Segala sesuatu yang terwujud dengan kesempurnaan dan keindahan maka hanya Dialah yang menciptakan dan mewujudkannya. Seandainya Ia tak berkehendak menciptakannya, maka tak akan terwujud pula segala kesempurnaan dan keindahan itu.

وإن كنت ممن يحب لأجل النوال فلست ترى إحساناً ولا تشاهد امتناناً ولا ترى إكراماً ولا تبصر إنعماً عليك وعلى سائر الخلق إلا والله تعالى هو المتفضل بجميع ذلك بمحض الجود والكرم فكم من خير قد أسداه إليك!

Apabila engkau termasuk orang yang mencintai pemberian dari yang engkau cintai, maka engkau tak akan melihat kebaikan, anugerah, kemuliaan pemberian dan pelimpahan dari seluruh makhluk di alam semesta ini, kecuali Allah yang mencukupi segalanya.

وكم من نعمة قد أنعم بها عليك! فهو سيدك ومولاك الذي خلقك وهداك، والذي له مماتك محياك، والذي أطعمك وسقاك، وكفلك ورباك وأسكنك وآواك،

Bagimu kesemuanya disebabkan ileh kemurkaan dan kedermawanan-Nya padamu. Dialah Raja dan Tuhanmu. Dia pula yang menciptakan, memberi petunjuk, menghidupkan, mematikan, memberi makan dan minum serta mencukupi, mendidik, dan memberi tempat tinggal kepadamu.

 يرى القبيح منك فيستره، وتستغفره منه فيغفره، ويرى الجميل منك فيكثره ويظهره، وتطيعه بتوفيقه ومعونته فينوه باسمك في الغيوب ويقذف تعظيمك وحبك في القلوب، وتعصيه بنعمته فلا يمنعه وجود العصيان عن إفاضة الإحسان، فكيف ينبغي لك أن تحب غير هذا الإله الكريم؟ أم كيف يحسن منك أن تعصي هذا الرب الرحيم؟

Bila engkau memiliki aib dan kelemahan, maka Ia segera menutupnya. Dan bila engkau memohon ampun pada-Nya, Dia pun segera mengampuni segala dosamu dan jika Ia melihat kebaikan pada dirimu maka Ia pun akan memperbanyak dan menampakkan kebaikan itu.

Jika engkau taat dengan taufiq dan pertolongan-Nya, Ia akan menempatkan namamu pada suatu tempat yang agung dan semua makhluk di langit dan bumi akan melimpahkan rasa cinta dan kasih kepadamu. Sebaliknya, jika engkau bermaksiat pada-Nya, maka Ia pun tetap memberi nikmat kepadamu. Oleh karena itu, mengapa engkau masih mencintai selain Dia Yang Maha pengasih, dan mengapa pula engkau tek merasa malu bila engkau senantiasa bermaksiat kepada-Nya Yang Maha Pemurah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

125. Mendoakan Orang Bersin

Download Risalatul Muawanah