143. Timbulnya Rasa Cinta

(واعلم) أن أصل المحبة المعرفة وثمرتها المشاهدة وأدنى درجاتها أن يكون حب الله تعالى هو الغالب على قلبك، ومحك الصدق في ذلك أن لا تجيب أحب الخلق إليك إذا دعاك إلى ما يكون سخط الله في فعله كالمعاصي أو في تركه كالطاعات. وأعلى درجاتها أن لايصير في قلبك حب لغير الله البتة. وهذا عزيز ودوامه أعز منه، وعند دوامه تضمحل البشرية بالكلية وعنه ينشأ الاستغراق بالله الذي لا يبقي معه شعور لاوجود وأهله بحال.

Ketahuilah bahwa rasa cinta timbul dari pengenalan dan buahnya ialah penyaksian. Tingkat cinta yang paling rendah ialah bila hatimu dipenuhi dengan rasa cinta kepada-Nya. Hal ini dapat kau rasakan bila seseorang hendak mengajakmu pada kemaksiatan dan membujukmu untuk meninggalkan ketaatan, maka dengan tegas engkau menolak dan meninggalkannya.

Sedangkan tingkat cinnta yang paling tinggi ialah bila di hatimu tiada lagi rasa cinta sedikit pun secuali kepada Allah. Hal ini memang agak sulit dilakukan lebih-lebih lagi kelanjutan sikap cinta seperti ini. Karena bila cinta ini berlanjut, maka hilanglah sifat-sifat insani pada dirinya secara menyeluruh, sehingga tenggelamlah ia dalam keadaan selalu mengningat Allah Swt. bahkan ia pun sudah tak merasakan lagi setiap wujud di alam semesta ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

125. Mendoakan Orang Bersin

Download Risalatul Muawanah