164. Wasiat Allah Kepada Nabi Musa

وأوحى الله إلى موسى عليه السلام: يا موسى كن كالطير الوحداني يأكل من رؤوس الأشجار ويشرب من الماء القراح، فإذا جنه الليل أوى إلى كهف من الكهوف استئناساً به واستيحاشاً ممن عصاني (يا موسى) إني آليت على نفسي أن لا أتم لمدبر عني عملاً، ولأقطعن أمل(1) كل من يؤمل غيري، ولأقصمن ظهر من استند إلى سواي، ولأطيلن وحشة من استأنس بغيري، ولأعرضن عمن أحب حبيباً سواي (يا موسى) إن لي عباداً إن ناجوني أصغيت إليهم، وإن نادوني أقبلت عليهم، وإن أقبلوا علي أدنيتهم، وإن دنوا مني قربتهم، وإن تقربوا مني اكتنفتهم، وإن والوني، واليتهم، وإن صافوني صافيتهم، وإن عملوا لي جازيتهم، أنا مدبر أمورهم، وسائس قلوبهم وأحوالهم، لم أجعل لقلوبهم راحة إلا في ذكري؛ فهو لأسقمهم شفاء، وعلى قلوبهم ضياء، لا يستأنسون إلا بي، ولا يحطون رحال قلوبهم إلا عندي، ولا يستقر بي قرار إلا إلي.

“Hai Musa, Aku telah bersumpah kepada diri-Ku, “Sesungguhnya Aku tak akan menyenpurnakan pekerjaan orang yang berpaling dair-Ku. Dan akan Kuputuskan angan-angan orang yang memikirkan selain-Ku. Akan Kulemahkan kekuatan mereka yang bersandar pada selain Aku. Kuperpanjang pula kedukaan orang paling akrab pada selain Aku. Dan Aku pun akan berpaling dari mereka yang mencintai sesuatu lebih dari-Ku.”

“Hai Musa, sesungguhnya Aku memiliki beberapa hamba. Bila mereka bermunajat kepada-Ku, Aku selalu memperhatikan mereka, bila mereka mengundang-Ku, Aku akan menghadap mereka, bila mereka menghadap-Ku, Aku akan menghampiri mereka. Apabila mereka mengasihi-Ku, Aku pun mengasihi mereka. Apabila mereka membersihkan diri karena-Ku, Aku akan membersihkan mereka. Bila mereka beramal, Aku akan membalas bereka. Akulah yang mengatur urusan serta mendasari hati dan tingkah laku mereka. Aku tak akan mengistirahatkan hati mereka selain mengingat-Ku, karena hal itu merupakan obat dari segala penyakit dan penenang hati. Mereka tak akan senang, kecuali dengan-Ku. Mereka tak menggerakkan hati mereka, kecuali dengan sesuatu yang Aku ridai dan hati mereka pun tak akan merasa tenang kecuali bersama-Ku.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

125. Mendoakan Orang Bersin

Download Risalatul Muawanah