81. Wars' dar Keharaman dan Syubhat
(وعليك) بالورع عن المحرَّمات والشبُهات؛
فإن الورع ملاك الدين، والذي عليه المدار عند العلماء العاملين. وقد قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "كل لحم نَبَتَ من سُحت فالنار أولى به" وقال عليه الصلاة والسلام: "من اتقى الشبهات فقد استبرأ لدينه وعرضه ومن وقع في الشبهات وقع في الحرام".
Hendaklah engkau selalu wara`, yaitu menjauhkan diri dari dosa, maksiat dan syubhat (perkara yang tidak diketahui halal haramnya).
Wara` merupakan senjata sakti penjunjung agama. Wara` inilah yang menjadi cirri ulama yang mengamalkan ilmunya.
Sabda Rasulullah Saw. :
كُلُّ لَحْمٍ نَبَتَ مِنْ سُحْتٍ فَالنَّارُأَوْلَى بِهِ.
“Setiap daging yang tumbuh dari barang haram, maka sudah sepantasnya ia menjadi bahan bakar neraka.” (Diriwayatkan oleh Hakim)
مَنْ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ فَقَدِاسْتَبْرَأَلِدِيْنِهِ وَعِرْضِهِ وَمَنْ وَقَعَ فِى الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِى الْحَرَامِ.
“Barangsiapa menghindari perkaa syubhat, maka ia telah memurnikan agama dan kehormatannya. Dan barangsiapa jatuh dalam perkara syubhat, maka ia telah jatuh di dalam keharaman.” (Al-Hadits)
(واعلم) أن الذي يتناول الحرام والشبهات قلَّ أن يوفق لفعل العمل الصالح، وإن وفق له ظاهراً فلا بد أن يعرض له من الآفات الباطنة ما يفسده عليه كالعُجب والرياء.
Ketahuilah, orang yang memperoleh sesuatu yang haram atau syubhat, maka sedikitlah ia mendapatkan taufiq, pertolongan Allah untuk beramal saleh. Jika ia beramal saleh, maka ia tak akan terlepas dari penyakit batin, dalam setiap amaliyah seperti `ujub dan riya`.
وعلى كل حال فالذي يأكل الحرام عمله مردود عليه؛ لأن الله طيب لا يقبل إلا طيباً.
Ringkasnya, orang yang makanannya haram, amalnya ditolak. Karena Allah Maha Baik dan tak menerima sesuatu kecuali yang baik.
وبيان ذلك أن الأعمال لا يتصور فعلها إلا بحركات الجوارح، وحركات الجوارح لا تستطاع إلا بالقوة المكتسبة من الغذاء، فإذا كان الغذاء خبيثاً كانت القوة والحركات المتولدة منه خبيثة، قال عبد الله بن عمر رضي الله عنهما: لو صليتم حتى تكونوا كالحنايا، وصمتم حتى تكونوا كالأوتار لم يتقبل الله ذلك منكم إلا بورع حاجز.
Penjelasannya adalah bahwa setiap pekerjaan tak dapat dilaksanakan kecuali dengan adanya gerakan anggota badan dan anggota badan pun tak mampu bergerak tanpa energy yang diperoleh dari makanan. Apabila makanannya buruk, maka sudah barang tentu energy yang diperoleh selalu cenderung pada hal-hal yang buruk pula.
Abdullah bin Umar ra. berkata : “Apabila kamu terus menerus hingga tubuhmu laksana lekuknya busur dan berpuasa hingga badanmu laksana tali pengikat, maka Allah tidak menerima kedua amalan itu, kecuali dengan wara` (meninggalkan segala sesuatu yang diharamkan oleh-Nya).”
(وروي) مرفوعاً إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم: "من اشترى ثوباً بعشرة دراهم وفيها درهم من حرام لم يتقبل الله له صلاة ما دام عليه شيء منه" وإذا كان هذا حكم الثوب الذي عشر ثمنه من حرام فكيف يكون الحال لو كان كله كذلك! وإذا كان هذا في الملبوس الذي هو على ظاهر الجسد فما الظن به في الغذاء الذي يتخلل العروق والأوصال ويسري في سائر البدن؟
Sabda Rasulullah Saw. :
مَنِ اشْتَرَى ثَوْبًابِعَشْرَةِ دَرَاهِمَ وَفِيْهَادِرْهَمٌ مِنْ حَرَامٍ لَمْ يَتَقَبَّلِ اللَّهُ لَهُ صَلَا ةً مَادَامَ عَلَيْهِ مِنْهُ شَيْئٌ.
“Barangsiapa membeli baju seharga sepuluh dirham, sedangkan di dalamnya mengandung sedirham haram, maka Allah tidak menerima salatnya selama baju itu dikenakannya.” (HR. Ahmad)
Baju yang mengandung barang haram hanya sepersepuluhnya saja menyebabkan tertolaknya salat. Bagaimanakah kalau seluruhnya, padahal baju hanyalah sarana yang melekat di luar badan. Bagaimana pula jika makanan yang kita makan dari sesuatu yang haram dantelah menyatu dengan tulang dan persendiaan serta mengalir ke seluruh tubuh?
(واعلم) أن المحرمات قسمان:
(أحدهما) شيء محرم لعينه كالميتة والدم والخمر ونحو ذلك، وهذا النوع لا يحل بوجه من الوجوه إلا عند الضطرار وهو توقف بقاء النفس المحترمة على تناوله مع فقدان غيره.
(والثاني) حلال في نفسه كالحنطة والماء الطاهر ولكنه مملوك لغيرك فلا يزال محرماً عليك حتى يصير إليك من وجه سائغ في الشرع كالبيع والهبة والإرث ونحو ذلك.
Pembagian Haram
Ketahuilah bahwa haram terbagi menjadi dua, yaitu :
1. Haram karena zatnya, seperti abngkai, darah, minuman keras, dan lain sebagainya.
Bagian pertama ini tak mungkin dihalalkan kecuali dalam keterpaksaan, misalnya tak ada makanan lain yang dapat dimakan kecuali barang-barang haram itu, dan jika tak memakannya kita akan binasa.
2. Halal zatnya, seperti gandum, air dan lain-lain, teapai milik orang lain.
Barang kedudukannya tetap haram sehingga menjadi milikmu dengan jalan yang dibenarkan syariat, seperti dengan jual beli, hibah, waris dan lain-lain.
وأما الشبهات فهي درجات (فمنها) ما تُيُقِّن تحريمه وشُك في حله وهذه الشّبه حكمها حكم الحرام.
(ومنها) ما تيقن حله وشك في تحريمه وهذه الشبه تركها من الورع.
(ومنها) ما هو بين ذلك كالذي يحتمل أن كون حلالاً ويحتمل أن يكون حراماً. وقد قال عليه الصلاة والسلام: "دع ما يريبك إلى ما لا يريبك".
Tingkatan Syubhat
Ada tiga tingkatan syubhat :
Pertama, diyakini haramnya dan diragukan halalnya. Syubhat ini berhukum haram.
Kedua, diyakini halalnya dan diragukan haramnya. Termasuk wara` bila kita mampu meninggalkannya.
Ketiga, syubhat yang berada di antara kedua syubhat di atas yakni adanya keragu-raguan antara halal dan haramnya.
Sabda Rasulullah Saw. :
دَعْ مَايُرِيْبُكَ إِلَى مَالَا يُرِيْبُكَ.
“Tinggalkan sesuatu yang meragukan kepada sesuatu yang tidak meragukanmu.” (HR. Ahmad)
وإنما يستدل على ورع الرجل بإحجامه عن الأمر المشكل حتى يتضح، ولا يكون العبد من المتقين حقاً حتى يترك الحلال المحض الذي يخشى عند تناوله الوقوع في ما وراءه من الشبهات والحرام. وقد قال صلى الله عليه وسلم: "لا يبلغ العبد درجة المتقين حتى يترك ما لا بأس به حذراً مما به بأس" وقالت الصحابة رضوان الله عليهم: كنا نترك سبعين باباً من الحلال مخافة الوقوع في الحرام، وهذا أمر قد تُودِّع منه من زمان قديم فمن لنا بورع يحجزنا عن الشبهات والمحرمات فلا حول ولا قوة إلا بالله.
Orang wara` selalu menghindari sesuatu yang samat hingga menjadi jelas. Seseorang tak akan mampu mencapai derajat kaum muttaqin sebelum ia meninggalkan yang halal secara murni, karena dikhawatirkan adanya sesuatu yang menyebabkan ia terjatuh ke dalam keharaman dan kesyubhatan.
Rasulullah Saw. bersabda :
لَايَبْلُغُ الْعَبْدُ دَرَجَةَ الْمُتَّقِيْنَ حَتَّى يَتْرُكَ مَالَا بَأْسَ بِهِ حَذْرًامِمَّابِهِ بَأْسٌ.
“Seseorang tidak akan mencapai derajat kaum muttaqin sehingga ia meninggalkan sesuatu yang tidak membahayakan, karena khawatir jatuh pada yang membahayakan.” (HR. Turmudzi)
Para sahabat berkata, “Kami tinggalkan tujuh puluh pintu halal, karena khawatir terjatuh dalam satu pintu haram.”
Namun, saying sekali sikap wara` ini sudah lama ditinggalkan orang, siapa lagi di antara kita yang mampu bersifat wara`? Hanya keimanan dari Allah yang mampu membimbing kita.
Komentar
Posting Komentar