Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2020

Download Risalatul Muawanah

00. Pendahuluan Baca 01. Keyakinan Baca 03. Merasa diawasi Allah Baca 04. Mengisi Waktu Baca 05. Mengatur Waktu Baca 06. Bersikap Moderat Baca 07. Bentuk Lahir & Batin Shalat Baca 08. Shalat Witir Baca 09. Shalat Dhuha Baca 10. Shalat Awwabin Baca 11. Shalat Malam dan Tata Caranya Baca 12. Perbanyak Membaca Al Qur'an Baca 13. Membaca Al Qur'an Dengan Memahami Maknanya Baca 14. Anjuran Membaca Surat Surat Al Quran Baca 15. Belajar Ilmu Ilmu Bermanfaat Baca 16. Perbanyak Membaca Kitab Hadits dan Tafsir Baca 17. Membiasakan Berdzikir Kepada Allah Baca 18. Dzikir Setelah Shalat Lima Waktu Baca 19. Shalat Sebagai Wirid Baca 20. Bertafakur Atas Kebesaran dan Kekuasaan Allah Baca 21. Larangan Memikirkan Dzat Allah Baca 22. Berpegang Teguh Dengan Al Qur'an dan As Sunah Baca 23. Menghindari Bidah Baca 24. Bertanya Kepada Ulama Baca 25. Memperbaiki dan Memperkuat Akidah Baca 26. Menjalankan Segala Kewajiban dan Perintah Allah Baca 27. Menjaga Kebersihan

166. Penutup

اللهم آتنا من لدنك أجراً عظيماً واهدنا صراطاً مستقيماً، واجعلنا من الذين أنعمت عليهم من النبيين والصديقين والشهداء والصالحين وحسن أولئك رفيقاً، ذلك الفضل من الله وكفى بالله عليماً، والحمد لله أولاً وآخراً وباطناً وظاهراً، هو الأول والآخر والظاهر والباطن وهو بكل شيء عليم، ما شاء الله لا قوة إلا بالله العلي العظيم، الحمد لله الذي هدانا لهذا وما كنا لنهتدي لولا أن هدانا الله. قال المؤلف قدس الله سره ونور ضريحه ونفع المسلمين به: وكان الفراغ من تأليفها في أحد شهور سنة تسع وستين وألف (1069) من الهجرة النبوية، على صاحبها- وهو سيدنا ومولانا ووسيلتنا إلى ربنا محمد رسول الله وعلى آله أفضل الصلاة والسلام، ما بقيت الليالي والأيام. والحمد لله رب العالمين.

165. Wasiat Allah Kepada Nabi Daud

وأوحى الله إلى داود عليه السلام: (يا داود) بشر المذنبين وأنذر الصديقين. فقال: وكيف أبشر المنذرين وأنذر الصديقين؟ فقال: بشر المذنبين أنه لا يتعاظمني ذنب أن أغفره، وأنذر الصديقين أن لا يعجبوا بأعمالهم فإني لا أضع عدلي ولا حسابي على أحد إلا هلك. (يا داود) كتبت الرحمة على نفسي وقضيت المغفرة على من استغفرني. أغفر الذنوب جميعها صغيرها وكبيرها ولا يكبر ذلك علي ولا يتعاظمني فلا تلقوا بأيديكم إلى التهلكة ولا تقنطوا من رحمتي فإن رحمتي وسعت كل شيء ورحمتي سبقت غضبي، وخزائن السماوات والأرض بيدي والخير كله بيدي. ولم أخلق شيئاً مما خلقت لحاجة كانت مني إليه؛ ولكن لتعلم قدرتي، ويعلم الناظرون في حكم تدبيري وصنعي. (يا داود) اسمع مني والحق أقول: من لقيني من عبادي وهو يخاف عذابي لم أعذبه بناري (يا داود) اسمع مني والحق أقول: من لقيني من عبادي وهو مستح من معاصيه أنسيت حفظته ذنبه ولن أساله عنه(يا داود) اسمع مني والحق أقول: لو أن عبداً من عبادي عمل حشو الدنيا ذنوباً وهو مصر عليها ثم ندم واستغفرني مرة واحدة وعلمت من قلبه أنه لا يريد أن يعود إليها أبداً ألقيتها عنه أسرع من هبوط الطائر من السماء إلى الأرض، قال د

164. Wasiat Allah Kepada Nabi Musa

وأوحى الله إلى موسى عليه السلام: يا موسى كن كالطير الوحداني يأكل من رؤوس الأشجار ويشرب من الماء القراح، فإذا جنه الليل أوى إلى كهف من الكهوف استئناساً به واستيحاشاً ممن عصاني (يا موسى) إني آليت على نفسي أن لا أتم لمدبر عني عملاً، ولأقطعن أمل(1) كل من يؤمل غيري، ولأقصمن ظهر من استند إلى سواي، ولأطيلن وحشة من استأنس بغيري، ولأعرضن عمن أحب حبيباً سواي (يا موسى) إن لي عباداً إن ناجوني أصغيت إليهم، وإن نادوني أقبلت عليهم، وإن أقبلوا علي أدنيتهم، وإن دنوا مني قربتهم، وإن تقربوا مني اكتنفتهم، وإن والوني، واليتهم، وإن صافوني صافيتهم، وإن عملوا لي جازيتهم، أنا مدبر أمورهم، وسائس قلوبهم وأحوالهم، لم أجعل لقلوبهم راحة إلا في ذكري؛ فهو لأسقمهم شفاء، وعلى قلوبهم ضياء، لا يستأنسون إلا بي، ولا يحطون رحال قلوبهم إلا عندي، ولا يستقر بي قرار إلا إلي. “Hai Musa, Aku telah bersumpah kepada diri-Ku, “Sesungguhnya Aku tak akan menyenpurnakan pekerjaan orang yang berpaling dair-Ku. Dan akan Kuputuskan angan-angan orang yang memikirkan selain-Ku. Akan Kulemahkan kekuatan mereka yang bersandar pada selain

163. Wasiat Allah Kepada Nabi Isa

وأوحى الله إلى عيسى عليه السلام قل لبني إسرائيل يحفظوا عني حرفين قل لهم ليرضوا بدنيء الدنيا لسلامة دينهم كما رضي أهل الدنيا بدنيء الدين لسلامة دنياهم. Allah Swt. memberi wahyu kepada Nabi Isa as.: “Katakan pada Bani Israil agar mereka rida dengan kehinaan dunia demi keselamatan agama mereka. Sama halnya mereka yang mencintai dunia rela dengan kehinaan agama mereka demi keduniaan mereka.”

162. Wasiat Allah Kepada Nabi Isa

وأوحى إليه أيضاً: يا ابن مريم، عظ نفسك، فإن اتعظت فعظ الناس، وإلا فاستح مني. وفي بعض الآثار عن الله تعالى: "قل للذين يتفقهون لغير الدين، ويتعلمون لغير العمل، ويلبسون للناس مسوح المساك ألسنتهم أحلى من العسل، وقلوبهم أمر من الصبر، أبي يغترون!، أم علي يجترئون! فإن حلفت لأبعثن على أولئك فتنة، تترك الحليم منهم حيران". وأوحى الله إلى موسى عليه السلام: إذا رأيت الفقراء فسائلهم كما تسائل الأغنياء، فإن لم تفعل فضع كل شيء علمتك تحت التراب. وأوى الله إلى داود عليه السلام: يا داود، قل لأوليائي وأحبائي: ليفارق كل واحد منهم صاحبه، فإني مؤنسهم بذكري، ومحادثهم بأنسي، وكاشف الحجاب فيما بيني وبينهم ينظرون إلى عظمتي، فأبلغ يا داود عني أهل الأرض: أني حبيب لمن أحبني، وجليس لمن جالسني، ومؤنس لمن استأنس بي، وصاحب لمن صاحبني، ومطيع لمن أطاعني، ومختار لمن اختارني، فهلموا إلى كرامتي ومصاحبتي ومعاملتي، فأنا الله الجواد الماجد، أقول للشيء كن فيكون. وأوحى الله إلى بعض أنبيائه عليهم السلام: عبدي هب لي من عينيك الدموع ومن قلبك الخشوع ثم ادعني أستجب لك وأنا القريب المجيب، عبدي قف على المد

161. Wasiat Allah Kepada Beberapa Nabi

وأوحى الله تعالى إلى بعض أنبيائه عليهم السلام: اذكرني إذا غضبتَ أذكرك إذا غضبتُ فلا أمحقك فيمن أمحق. وأوحى الله إلى عيسى عليه السلام أن قل لبني إسرائيل لا يدخلوا بيتاً من بيوتي إلا بقلوب طاهرة وأبصار خاشعة وأبدان نقية وأخبرهم أني لا أستجيب لهم دعوة ولأحد من الخلق قبلهم مظلمة. Allah memberi wahyu kepada beberapa Nabi-Nya: “Ingatlah Aku ketika engkau marah, maka Aku akan mengingatmu ketika marah dan Aku tak akan membinasakanmu pada saat Aku binasakan orang lain.” Allah memberi wahyu kepada Nabi Isa as.: “Katakanlah pada Bani Israil agar tidak memasuki rumah-rumah-Ku, kecuali dengan hati yang suci, pandangan khusyuk disertai badan yang bersih.” “Beritahukan kepada mereka bahwa Aku tak akan mengabulkan doa mereka atau orang-orang sebelum mereka yang telah berbuat zalim.”

160. Wasiat Allah Kepada Nabi Dawud

وأوحى الله إلى داود عليه السلام: كن بي مستأنساً ومن سواي مستوحشاً (يا داود) قل للصديقين من عبادي: بي فليفرحوا، وبذكري فليتنعموا (يا داود) حببني إلى عبادي. قال: يا رب، وكيف أحببك إلى عبادك؟ قال: ذكرهم آلائي (يا داود) من رد إلي هارباً كتبته جهبذاً، (يا داود) إذا رأيت لي طالباً فكن له خادماً، (يا داود) لا تسأل عني عالماً قد أسكرته الدنيا فيضلك عن سبيلي أولئك قطاع الطريق على عبادي، (يا داود) اعمل بعمل الأبرار، ولا تبسم في وجوه الفجار، وخالط أودائي مخالطة وخالف أعدائي مخالفة، (يا داود) كن للأرملة واليتيم كالأب الشفيق أزيد في رزقك وأكفر عنك ذنبك، (يا داود) غض طرفك وصن لسانك فإني لا أحب الفاسقين. وأكثر من الاستغفار لنفسك وللخاطئين. Allah berfirman kepada Nabi Dawud: “Hendaknya engkau merasa tenang bersama-Ku dan merasa sedih bersama selain-Ku.” “Hai Dawud, katakana kepada hamba-hamba-Ku yang tulus kepada-Ku agar mereka berbahagia ketika mengingat nama-Ku dan merasakan nikmatnya bersama-Ku.” “Hai Dawud, buatlah agar Aku dicintai oleh hamba-hamba-Ku.” Dawud bertanya, “Wahai Tuhanku, bagai

159. Wasiat Allah Kepada Para Nabi

وأوحى الله إلى بعض أنبيائه عليهم السلام قل لقومك لا يدخلوا مداخل أعدائي ولا يلبسوا ملابس أعدائي ولا يركبوا مراكب أعدائي ولا يطعموا مطاعم أعدائي فيكونوا أعدائي كما هم أعدائي. Allah berfirman kepada para Nabi: “Katakanlah kepada umatmu, “Janganlah kau masuki tempat musuh-musuh-Ku, jangan kau pakai pakaian musuh-musuh-Ku, jangan mengendarai kendaraan musuh-musuh-Ku, dan jangan pula makan makanan mereka. Jika engkau tetap tidak menghiraukan peringatan-Ku ini berarti engkau telah menjadi musuh-Ku sama seperti meraka.”

158. Wasiat Allah Kepada Nabi Musa

وأوحى الله إلى موسى عليه السلام: (يا ابن عمران) كن يقظاناً وارتد لنفسك إخواناً فكل خدن وصاحب لا يوازرك على مسرتي فهو لك عدو (يا موسى) مالك ولدار الظالمين فليست لك بدار، أخرج عنها همك وفارقها بقلبك فبئست الدار هي، إلا لعامل عمل فيها الخير فنعمت الدار هي، (يا موسى) إني مرصد للظالم حتى آخذ منه لمن ظلمه، (يا موسى) إذا رأيت الغنى مقبلاً فقل: ذنب عجلت عقوبته وإذا رأيت الفقر مقبلاً قل: مرحباً بشعار الصالحين. (يا موسى) لا تنس ذكري فعند نسيانه تكثر الذنوب، ولا تجمع المال فإن جمعه يقسي القلب (يا موسى) قل للظالمين لا يذكروني فإنهم إذا ذكروني أذكرهم باللعنة؛ لأني آليت على نفسي أن أذكر من ذكرني. Dalam kitab Taurat disebutkan pula bahwa Allah telah berfirman, “Hai anak Adam, janganlah kau merasa malas untuk mendirikan shalat di hadapan-Ku. Akulah Allah yang bila mendekatkan diri dengan kalbumu, maka engkau akan dapat melihat nur-Ku.” Tersebut juga firman Allah dalam beberapa kitab suci yang telah diturunkan sebelumnya. “Hai anak Adam, Akulah yang menciptakanmu agar engkau mengabdikan diri-Ku, d

157. Wasiat Allah Kepada Nabi Ibrahim

وفي صحف إبراهيم عليه السلام: "وعلى العاقل أن يكون ممسكاً للسانه عارفاً بزمانه مقبلاً على شأنه، وعلى العاقل أن تكون له أربع ساعات: فساعة يناجي فيها ربه ساعة يحاسب فيها نفسه، وساعة يفضي فيها إلى إخوانه اللذين يبصرونه بعيوب نفسه، وساعة يخلي فيها بين نفسه وشهواتها" يعني المباحة. وفي التوراة: (يا ابن آدم) لا تعجز أن تقوم بين يدي مصلياً فأنا الله الذي اقتربت إليك وبالغيب رأيت نوري. وفي بعض كتب الله المنزلة: (يا ابن آدم) خلقتك لعبادتي فلا تلعب، وتكفلت لك برزقك فلا تتعب، (يا ابن آدم) اطلبني تجدني فإنك إذا وجدتني وجدت كل شيء وإذا فتك فاتك كل شيء فأنا أحب إليك من كل شيء (ابن آدم) أنا الله الذي أقول للشيء كن فيكون، أطعني أجعلك تقول للشيء كن فيكون. Dalam suhuf Ibrahim AS. disebutkan: Wajib bagi orang yang berakal mengendalikan lisannya dari perkataan yang tak berfaidah, peka terhadap zamannya dan bersungguh-sungguh dalam mencapai tujuannya. Wajib pula atas orang berakal membagi waktunya menjadi empat bagian, yaitu: Pertama, untuk bermunajat kepada Tuhan. Kedua, untuk mengoreksi

156. Wasiat Adam di Suft Adam

 وأوحى الله إلى آدم عليه السلام "أربع خصال فيهن جماع الخير لك ولولدك خصلة لي وخصلة لك وخصلة فيما بيني وبيك وخصلة فيما بينك وبين عبادي، أما التي هي لي فتعبدني لا تشرك بي شيئاً، وأما التي هي لك فعملك أجزيك به، وأما التي هي فيما بيني وبينك فعليك الدعاء وعلي الإجابة، وأما التي هي فيما بينك وبين عبادي فتصحبهم بما تحب أن يصحبوك به". Allah Ta`ala memberi wahyu kepada Nabi Adam as.: Empat perkara yang dapat mengumpulkan kebaikan bagimu dan anak cucumu yaitu: Pertama, yang bersangkutan dengan-Ku. Kedua, bersangkutan denganmu. Ketiga, berkaitan amtara engkau dan Aku. Keempat, antara engkau dan hamba-hamba-Ku. Adapun perkara yang bersangkutan dengan-Ku, hendaknya engkau bersikap tulus kepada-Ku dan jangan kau sekutukan Aku dengan sesuatu pun. Perkara yang bersangkutan denganmu ialah amal-amalu, maka Aku akan membalasnya. Perkara yang berkaitan antara engkau dan aku , hendaklah engkau selalu beroda dan sudah menjadi kewajiban-Ku untuk mengabulkannya. perkara yang berurusan antara

155. Wasiat 9

وقال صلى الله عليه وسلم: "قال الله تعالى: ابن آدم قم إلي أمش إليك وامش إلي أهرول إليك، ابن آدم اذكرني ساعة من أول النهار وساعة من آخره أكفيك ما بين ذلك، ابن آدم لا تعجز أن تصلي لي أربع ركعات من أول النهار أكفك آخره"، Sabda Rasulullah saw.: قَالَ اللَّهُ تَعَالَى ابْنَ آدَمَ قُمْ إِلَي أَمْشِيْ إِلَيْكَ وَ أَمْشِ إِلَي أُهَرْوِلَ إِلَيْكَ: ابْنَ آدَمَ أُذْكُرْنِي سَاعَةً مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ وَ سَاعَةً مِنْ آخِرِهِ اَكْفِكَ مَا بَيْنَ ذَالِكَ، ابْنَ آدَمَ لَا تَعْجِرْ أَنْ تُصَلِّيَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ اَكْفِكَ آخِرَهُ. “Allah Ta`ala berfirman: “Hai anak Adam, berdirilah nemghadap-Ku, Aku akan berjalan kepadamu dan berjalanlah kepada-Ku, Aku akan cepat-cepat menuju padamu. Hai anak Adam, ingatlah Aku beberapa saat setiap pagi dan sore, maka Aku akan mencukupimu di antara waktu itu. Hai anak Adam, jangan kau lupakan shalat empat rakaat di pagi hari, maka Aku akan mencukupimu pada sore harinya.”

154. Wasiat 8

وقال صلى الله عليه وسلم: "رأيت ربي في المنام فساق الحديث إلى أن قال: يا محمد قلت: لبيك قال: إذا صليت فقل: اللهم إني أسألك فعل الخيرات وترك المنكرات وحب المساكين وإذا أردت بعبادك فتنة فاقبضني إليك غير مفتون". Sabda Rasulullah saw.: رَأَيْتُ رَبِّيْ فِي الْمَنَامِ فَسَاقَ الْحَدِيْثَ إِلَى أَنْ قَالَ يَا مُحَمَّدُ! قُلْتُ لَبَّيْكَ قَالَ: إِذَا صَلَّيْتَ فَقُلْ اّللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ وَحُبَّ الْمَسَاكِيْنِ وَإِذَا أَرَدْتَ بِعِبَادِكَ فِتْنَةً فَأَقْبِضْنِيْ إِلَيْكَ غَيْرَ مَفْتُوْنٍ. “Aku melihat Tuhanku dalam mimpi.” Lalu beliau melanjutkan pembicaraan hingga Allah berfirman: “Hai Muhammad! Ketika kamu shalat, ucapkan Allahumma Inni As-aluka fi`lal khairaati wa tarkal munkarati wahub-bul masakkina waidza aradta bi`ibadika fitnatan fa-aqbidlni ilaika ghaira maftun (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu (agar aku) mengerjakan kebajikan dan meninggalkan kemungkaran, mencintai orang-orang miskin. Dan apabila Engkau

153. Wasiat 7

وقال صلى الله عليه وسلم: "إن الله أوحى إلي أن تواضعوا حتى لا يفخر أحد على أحد ولا يبغي أحد على أحد". Rasulullah saw. bersabda: إِنَّ اللَّهَ أَوْحَى إِلَي أَنْ تَوَاضَعُوْا حَتَّى لَا يَفْخَرَ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ وَلَا يَبْغِيْ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ. “Sesungguhnya Allah Swt. telah memberi wahyu kepadaku agar kamu bersikap rendah hati sehingga tak seorang pun berbangga hati kepada sesamanya, dan tak seorang pun berbuat aniaya pada sesamanya.”

152. Wasiat 6

يَاعِبَادِيْ لَوْ أَنَّاَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ قَامُوْ فِي صَعِيْدٍ وَاحِدٍ فَسَأَلُوْنِي فَأَعْطَيْتُ كُلَّ إِنْسَانٍ مَسْئَلَتَهُ مَا نَقَصَ ذَالِكَ مِمَّا عِنْدِيْ إِلَّا كَمَا يَنْقُصُ الْمُحِيْطُ إِذَا دَخَلَ الْبَحْرُ يَاعِبَادِيْ إِنَّمَا هِيَ أَعْمَالُكُمْ أُحْصِيْهَا ثُمَّ أُوَفِّيْكُمْ فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا فَلْيَحْمَدِ اللَّهَ وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَالِكَ فَلَا يَلُوْمَنَّ  إِلَّا نَفْسَهُ. “Wahai hamba-Ku, andaikan generasi pertama hingga generasi akhirmu, bai dari golongan manusia dan jin, kesemuanya berkumpul dalam suatu tempat untuk meminta keperluan masing-masing kepada-Ku, dan Aku pun memberi tiap-tiap permohonan mereka, maka yang demikian itu tidak akan mengurangu sesuatu yang Kumiliki, kecuali seperti tetesan dari sebuah jarum yang dicelupkan dalam semudera. Wahai hamba-Ku, sesungguhnya setiap amalmu telah Kumasukkan dalam perhitungan-Ku dan akan Kuberi balasan yang sesuai dengan kebaikanmu. Barangsiapa memperoleh kebaikan itu hendaklah i

151. Wasiat 5

 يا عبادي لو أن أولكم وآخركم وإنسكم وجنكم كانوا على أفجر قلب رجل واحد منكم ما نقص ذلك من ملكي شيئاً، يَاعِبَادِيْ لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكًمْ كَانُوْ عَلَى أَفْجَرِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا نَقَصَ ذَالِكَ فِي مُلْكِيْ شَيْئًا. “Wahai hamba-Ku, andaikan generasi pertama hingga generasi akhirmu, baik dari golongan manusia dan jin, benar-benar ingkar kepada-Ku, maka itu tidak akan mengurangi kerajaan-Ku sedikitpun.”

150. Wasiat 4

 يا عبادي لو أن أولكم وآخركم وإنسكم وجنكم كانوا على أتقى قلب رجل واحد منكم ما زاد ذلك في ملكي شيئاً، يَاعِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوْ عَلَى أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَازَادَ ذَالِكَ فِي مُلْكِيْ شَيْئًا. “Wahai hamba-Ku, andaikan generasi pertaman hingga generasi akhirmu dari golongan manusia dan jin benar-benar bertakwa kepada-Ku, maka itu tidak menambah kerajaan-Ku sedikitpun.”

149. Wasiat 3

يا عبادي إنكم تخطئون بالليل والنهار وأنا أغفر الذنوب جميعاً فاستغفروني أغفر لكم، يا عبادي إنكم لن تبلغوا نفعي فتنفعوني ولن تبلغوا ضري فتضروني، يَاعِبَادِي أَنَّكُمْ تُخْطِؤُوْنَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا فَاسْتَغْفِرُوْنِي أَغْفِرْلَكُم. “Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kamu telah berbuat kesalahan sepanjang siang dan malam. Dan Aku pun mengampuni seluruh dosamu, maka mintalah ampun kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampunimu.” يَاعِبَادِي إِنَّكُمْ لَنْ تَبْلُغُوْا نَفْعِي فَتَنْفَعُوْنِي وَلَنْ تَبْلُغُوْا ضُرِّيْ فَتَضُرُّوْنِيْ. “Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi kemanfaatan kepada-Ku, lalu kau berikannya kepada-Ku. Wahai hamba-Ku, kamu tak akan mampu mendatangkan behaya kepada-Ku, lalu kau menimpakannya kepada-Ku.”

148. Wasiat 2

 يا بعادي كلكم ضال إلا من هديته فاستهدوني أهدكم، يا عبادي كلكم جائع إلا من أطعمته فاستطعموني أطعمكم، يا عبادي كلكم عار إلا من كسوته فاستكسوني أكسكم، يَاعِبَادِي  كُلُّكُمْ ضَالٌّ إِلَّا مَنْ هَدَيْتُهُ فَاشْتَهْدُوْنِيْ أَهْدِكُمْ. “Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kamu sekalian dalam kesesatan, kecuali mereka yang telah Kuberi petunjuk, maka mintalah hidayah dari-Ku, maka aku akan berikannya padamu.” يَاعِبَادِي كُلُّكُمْ جَائعٌ  إِلَّا مَنْ أَطْعَمْتُهُ فَاسْتَطْعِمُوْنِي أَطْعِمُكُمْ  يَاعِبَادِي كُلُّكُمْ عَارٍ إِلَّا مَنْ كَسَيْتُهُ فَاسْتَكْسُوْنِي أَكْسُكُمْ. “Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kamu sekalian dalam keadaan lapar, kecuali mereka yang telah Kuberi makan, maka mintalah pada-Ku, Aku akan berikannya padamu. Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kalian dalam keadaan telanjang, kecuali mereka yang telah Kuberi pakaian, maka mintalah pada-Ku, maka Aku akan berikannya padamu.”

147. Wasiat

BAB XXXII WASIAT-WASIAT ALLAH “Wahai hamba-Ku, sesungguhnya telah aku haramkan kezaliman atas diri-Ku dan Kuharamkan pula bagimu, maka janganlah kalian saling berbuat zalim.”

146. Doa dan Ridho

(واعلم) أن الدعاء والإلحاح فيه لا يقدح في الرضا بل هو من الرضا والدعاء معرب عن التحقق بالتوحيد وهو لسان العبودية وعنوان التحقق بالعجز والاضطرار والذل والافتقار، ومن تحقق بهذه الأوصاف عرف ووصل، وعلى غاية القرب من الله حصل، وقد ورد عن رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إن الدعاء مخ العبادة وسلاح المؤمن ونور السماوات والأرض أن من لا يسأل الله يغضب عليهم". وقال مولانا جلت قدرته: (ولله الأسماء الحسنى فادعوه بها) (وقال ربكم ادعوني أستجب لكم). Doa tak akan menodai kesucian rida pada ketentuan Alla. Bahkan ia berfungsi mendekatkan dan mengungkapkan rasa pengabdian. Fungsi lain dari doa ialah menyatakan dan mengakui bahwa diri kita lemah, hina dan selalu butuh pertolongan-Nya. Bila hal ini engkau hayati, maka engkau akan merasa benar-benar telah dekat dengan-Nya. Sabda Rasululllah Saw.: إِنَّ الدُّعَاءَ مُخُّ الْعِبَادَةِ وَسِلَاحٌ الْمُؤْمِنِ وَنُوْرُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَإِنْ مَنْ لَا يَسْأَلُ اللَّهَ يَغْضَبُ عَلَيْهِ. “Doa adalah kunci ibadah, senjata mukmin, cahaya langit

145. Ridho dengan Widhi Allah

(وعليك) بالرضا بقضاء الله تعالى  فإن الرضا بالقضاء من أشرف ثمرات المحبة والمعرفة، ومن شأن المحب أن يرضى بفعل محبوبه حُلواً كان أو مُراً، وقد قال صلى الله عليه وسلم عن الله: "من لم يرض بقضائي ولم يصبر على بلائي فليلتمس رباً سواي". Hendaknya engkau pun selalu rela dengan ketentuan Allah Ta`ala, karena kerelaan merupakan hasil dari mahabbahdan makrifat yang paling mulia. Orang yang cinta sudah sewajarnya rela dengan tindakan kekasihnya, manis atau pahit baginya sama saja. Allah Swt. berfirman dalam hadist qudsi: مَنْ لَمْ يَرْضَى بِقَضَائِيْ وَلَمْ يَصْبِرْ عَلَى بَلَائِيْ فَلْيَلْتَمِسْ رَبَّا سِوَايْ. “Barangsiapa tidak rida dengan qadha-Ku dan tidak sabar atas caobaan-Ku, maka carilah Tuhan selain-Ku.” (HR. Ibnu Hibban, Thabrani, Abu Dawud dan Ibnu Asakir) وقال عليه الصلاة والسلام: "إن الله إذا أحب قوماً ابتلاهم فمن رضي فله الرضا ومن سخط فله السخط". Sabda Rasulullah saw.: إِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا إِبْتَلَاهُمْ فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَم

144. Cinta Kepada Rasulullah

(واعلم) أن محبة رسول الله صلى الله عليه وسلم وسائر أنبياء الله وملائكته وعباده الصالحين وما يعين على طاعته كل ذلك من محبته تعالى. قال صلى الله عليه وسلم: "أحبوا الله لما يغذوكم به من نعمه وأحبوني بحب الله وأحبوا أهل بيتي بحبي" وقال عليه الصلاة والسلام عن الله: "وجبت محبتي للمتحابين فيَّ والمتجالسين فيَّ والمتزاورين فيَّ والمتباذلين فيَّ". Cinta kepada Rasulullah saw., para nabi, malaikat dan hamba-hamba Allah yang saleh, juga merupakan pendukung rasa cinta kepada-Nya. Rasulullah saw. bersabda, اَحِبُّوْا اللَّهَ لِمَا يَغْدُوْكُمْ بِهِ مِنْ نِعَمِهِ وَأَحِبُّوْنِيْ بِحُبِّ اللَّهِ وَاَحِبُّوْا أَهْلَ بَيْتِيْ بِحُبِّيْ. “Cintailah Allah karena nikmat yang diberikan padamu. Cintailah aku karena Allah. Dan cintailah keluargaku karena aku.”(HR.Turmudzi dan Hakim dari Ibnu Abbas) Dalam hadis qudsi Allah berfirman: وَجَبَتْ مَحَبَّتِيْ لِلْمُتَحَابِّيْنَ فِيَّ وَالْمُتَحَالِسِيْنَ فِيَّ وَالْمُتَزَاوِرِيْنَ فِيَّ وَالْمُتَبَاذِلِيْنَ فِيَّ. “Kecintaan-Ku akan t

143. Timbulnya Rasa Cinta

(واعلم) أن أصل المحبة المعرفة وثمرتها المشاهدة وأدنى درجاتها أن يكون حب الله تعالى هو الغالب على قلبك، ومحك الصدق في ذلك أن لا تجيب أحب الخلق إليك إذا دعاك إلى ما يكون سخط الله في فعله كالمعاصي أو في تركه كالطاعات. وأعلى درجاتها أن لايصير في قلبك حب لغير الله البتة. وهذا عزيز ودوامه أعز منه، وعند دوامه تضمحل البشرية بالكلية وعنه ينشأ الاستغراق بالله الذي لا يبقي معه شعور لاوجود وأهله بحال. Ketahuilah bahwa rasa cinta timbul dari pengenalan dan buahnya ialah penyaksian. Tingkat cinta yang paling rendah ialah bila hatimu dipenuhi dengan rasa cinta kepada-Nya. Hal ini dapat kau rasakan bila seseorang hendak mengajakmu pada kemaksiatan dan membujukmu untuk meninggalkan ketaatan, maka dengan tegas engkau menolak dan meninggalkannya. Sedangkan tingkat cinnta yang paling tinggi ialah bila di hatimu tiada lagi rasa cinta sedikit pun secuali kepada Allah. Hal ini memang agak sulit dilakukan lebih-lebih lagi kelanjutan sikap cinta seperti ini. Karena bila cinta ini berlanjut, maka hilanglah

142. Cinta Kepada Allah

(وعليك) بالحب في الله  حتى يصير سبحانه أحب إليك مما سواه بل حتى لا يصير لك محبوب إلا إياه. وسبب وجود الحب من جهة المحبوب إما وجود كمال فيه أو حصول نوال منه. Perwujudan cinta Hendaknya engkau melebihkan cintamu kepada Allah Swt. dari yang lainnya, bahkan hanya Dialah yang patut engkau cintai. Sebab timbulnya cinta ialah bila yang dicintai itu memiliki kesempurnaan dan dapat memberikan sesuatu pada yang mencintai. فإن كنت ممن يحب لأجل الكمال فالكمال والجمال والجلال لله وحده لا شريك له في شيء من ذلك، وما يلوح على صفحات بعض الموجودات من معنى كمال أو يبدو عليها من رونق جمال فهو المكمل والمجمل لها سبحانه وتعالى بل هو الموجد لها والمخترع ولولا أنه أنعم عليها بالإيجاد لكانت مفقودة معدومة ولولا ما أفاض عليها من أنوار جمال صنعته لكانت قبيحة مشئومة. Apabila engkau mencintai sesuatu karena kesempurnaan, kebaikan, keagungan, maka ketahuilah bahwa semuanya itu hanyalah milik Allah Swt. dan tiada sekutu bagi-Nya. Segala sesuatu yang terwujud dengan kesempurnaan dan keindahan maka hanya Dial

141. Hendaknya Bertawakal

(وعليك) بالتوكل على الله،  فإن من توكل على الله كفاه وأغناه وتولاه (ومن يتوكل على الله فهو حسبه) والتوكل من ثمرات صدق التوحيد وثباته في القلب واستيلائه عليه. قال الله تعالى: (رب المشرق والمغرب لا إله إلا هو فاتخذه وكيلاً) Hendaknya engkau selalu bertawakal kepada Allah Swt. karena barangsiapa tawakal dan pasrah kepada Allah Swt., maka ia pun akan dicukupi, ditolong dan selalu dikasihani-Nya. Janji Allah: “Barang siapa  bertawakal kepada Allah, maka Allah pasti akan mencukupinya.” (Al-Qur`an) Tawakal tumbuh dari buah tauhid yang mantap dan sudah mendarah daging dalam hati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Maha benar Allah dalam firman-Nya: رَّبُّ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ فَاتَّخِذْهُ وَكِيلًا “(Dialah) Tuhan masyrik dan maghrib, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, maka ambillah Dia sebagai pelindung.” (QS.al-Muzzammil: 9)  فانظر كيف بدأ بإثبات الربوبية ثم بإثبات الانفراد بالإلهية ثم أمرنا بالتوكل عليه جل وعلا فلم يبق في تركه

140. Sekedarnya Menikmati Dunia

(وعليك) بإيثار التقلل من الدنيا  والإقتار على ما لا بد منه من ملابسها ومآكلها ومناكحها ومساكنها وسائر أمتعتها. (وإياك) أن تتسع في شهواتها وتدعي مع ذلك الزهد وتحتج لنفسك بالحجج الداحضة عند الله تعالى وتطلب لها التأويلات البعيدة عن الحق، وإعراضُ رسول الله صلى الله عليه وسلم والأنبياء قبله والأئمة بعده عن التنعم بالدنيا مع القدرة عليه من الحلال لا يخفى على من له أدنى معرفة بالعلم. Hendaknya engkau menggunakan dan mengambil jenis-jenis kenikmatan dunia sekedarnya saja, misalnya dalam hal berpakaian, mencari makan, beristeri dan lain sebagainya. Jangan lupa kau terigur akan rayuannya sementara engkau sendiri telah mengaku berzuhud terhadapnya dengan mengemukakan beberapa alas an yang sama sekali tak berarti di sisi Allah. Hal ini bertentangan dengan perilaku Rasulullah, para nabi terdahulu serta para ulama yang berusaha sekuat tenaga berpaling dari segala kenikmatan dunia meskipun sebenarnya mereka mampu meraihnya dengan cara halal. Persoalan semacam ini sudah dimengerti baik oleh ora

139. Membuang Rasa Cinta Harta dan Kekayaan Dalam Hati

(وعليك) بإخراج حب الدينار والدرهم من قلبك  حتى يصير عندك بمنزلة الحجر والمدر، وبإخراج حب المنزلة عند الناس من قلبك حتى يستوي عنك مدحهم وذمهم وإقبالهم وإدبارهم؛ فإن حب الجاه أضر على صاحبه من حب المال وكلاهما دالان على الرغبة في الدنيا، وأصل حب الجاه حب التعظيم، والعظمة من صفات الله فهو منازعة للربوبية، وأما حب المال فإنما أصله حب التمتع بالشهوات وذلك من صفات البهائم. Hendaknya engkau buang rasa cinta harta dan kekayaan dunia dan kekayaan dari dalam hatimu sehingga dalam pemilaianmu ia sama dengan batu dan bata, serta singkirkan pula perasaan cinta akan jabatan di masyarakat dari dalam hatimu sehingga tak ada bedanya begimu antara pujian dan celaan mereka, kehadiran dan ketidakhadiran mereka. Sesugguhnya cinta jabatan itu  jauh lebih berbahaya daripada cinta harta, dan keduanya merupakan tanda bahwa seseorang telah cinta pada dunia. Penyebab utama cinta jabatan ialah gila hormat dan keagungan, padahal kedua hal itu hanya patut ditunjukan kepada Allah Swt. sedangkan cinta harta d

138. Zuhud dan Pembagiannya

(وعليك) بالزهد في الدنيا  فإنه بشير السعادة ومظهر العناية وعنوان الولاية، وكما أن حب الدنيا رأس كل خطيئة كذلك يكون بغضها رأس كل طاعة وحسنة، ويكفيك مزهداً في الدنيا أن الله تعالى سماها في عدة مواضع من كتابه العزيز "متاع الغرور". Hendaklah engkau selalu Zuhud, tidak tergiur akan keduniaan. Karena hal itu merupakan kebahagiaan sejati, penerang inayah dan sebagai tanda kewalian. Sebagaimana cinta keduniaan merupakan sumber kesalahan, maka sebaliknya, benci kepadanya adalah sumber ketaatan dan kebaikan. Allah Swt. pun telah menegaskan di dalam beberapa ayat Al-Qur`an bahwa dunia adalah suatu perhiasan yang menipu (mata`ul ghurur). وقال الحسن رحمه الله تعالى: متاع الغرور كخضرة النبات ولعب البنات، وقال الشيخ أبو طالب المكي رحمه الله تعالى: متاع الغرور اسم للجيفة المنتنة وقد حصر الله تعالى الدنيا في اللهو واللعب اللذين لا يلتفت إليهما عاقل ولا يعرج عليهما إلا كل غبي جاهل، فقال تعالى: (وما الحياة الدنيا إلا لعب ولهو) إلى غير ذلك. Hendaklah engkau selalu Zuhud, tidak tergiur

137. Syuku dan Pembagiannya

(وعليك) بالشكر لله على ما أنعم به عليك،  وما بك من نعمة في ظاهرك وباطنك ودينك ودنياك إلا وهي من الله، قال الله تعالى: (وما بكم من نعمة فمن الله) ولله عليك من النعم ما تعجز عن عده وحده وإحصائه فضلاً عن القيام بشكره (وإن تعدوا نعمة الله لا تحصوها) ولو أن الفقير المريض من الموحدين تفكر فيما لله عليه من النعم لشغله أداء شكره عن مكابدة الصبر فعليك ببذل الاستطاعة في شكر ربك ثم بالاعتراف بالعجز عن القيام بما يجب عليك من شكره. BERSYUKUR Hendaknya engkau selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan kepadamu secara lahir dan batin serta yang berhubungan dengan agama dan duniamu. Ingatlah, semua nikmat adalah dari Allah Swt. Maha benar Alllah dalam firman-Nya: وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ ۖ “Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya).” (QS. an-Nahl: 53) Nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepadamu tak akan mampu kau jumlah dan kau hitung, apalagi kau sykuri dengan sempurna. Orang yang kafir atau yang sakit parah seumpamanya mau berp

136. Sabar

(وعليك) بالصبر فإنه ملاك الأمور  ولا بد لك منه ما دمت في هذه الدار وهو من الأخلاق الكريمة والفضائل العظيمة قال الله تعالى: (يا أيها الذين آمنوا استعينوا بالصبر والصلاة إن الله مع الصابرين) وقال تعالى: (وجعلناهم أئمة يهدون بأمرنا لما صبروا) وقال تعالى: (إنما يوفى الصابرون أجرهم بغير حساب) وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "الصبر أمير جنود المؤمن" وقال عليه الصلاة والسلام: "في الصبر على ما تكره خير كثير" وفي وصيته لابن عباس رضي الله عنهما "واعلم أن النصر مع الصبر وأن الفرج مع الكرب وأن مع العسر يسراً". SABAR Hendaklah engkau selalu sabar, karena sabar adalah sendi dasar yang harus kita miliki selama kamu hidup di dunia ini. Ia pun termasuk akhlak yang mulia dan keutamaan-keutamaan yang agung. Maha benar Allah dalam firman-Nya: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ [٢:١٥٣] “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-or

135. Batasi Pembahasan Roja

(وعليك) إذا تكلمت في الرجاء مع العامة  بالاقتصار على ذكر الرجاء المقيد وهو أن تذكر الوعد الجميل والثواب الجزيل المتوقف على فعل الحسنات و ترك السيئات. Batasilah pembicaraanmu tentang raja` (rasa harap) bila engkau sedang berdialog dengan orang awam. Hendaknya engkau jelaskan padanya bahwa raja` ialah janji dan pahala besar dari Allah yang diberikan pada mereka yang gigih menjalankan kebaikan dan berusaha meninggalkan segala bentuk kemaksiatan. (واحذر) أن تخوض معهم في الرجاء المطلق وذلك مثل أن تقول: العبد يذنب والرب يغفر، ولولا الذنوب لم يظهر عفو الله وحلمه، وما ذنوب الأولين والآخرين في سعة رحمة الله إلا كنقطة في بحر لجي ونحو ذلك. Hindari perbincangan panjang lebar tentang raja` mutlak(pengharapan tak bersyarat), misalnya engkau katakana: “Manusia selalu berdosa dan Tuhan pasti mengampuninya. Seandainya tidak ada  dosa, tak akan tampak pengampunan dan kemurahan Allah. Dan apabila kau bandingkan jumlah dosa orang-orang terdahulu dan sekarang dengan rahmat Allah, laksana setetes air